Makanan Khas Jambi yang Wajib Anda Coba

https://2.bp.blogspot.com/-6lc73dhVHoo/Vu8vHF1JYII/AAAAAAAAF8g/fD0ZfkBbhvMT7q0oE_N2lBcK3cfYAqU5w/s72-c/nasi%2Bgemuk%2Bjambi.png click to zoom
Ditambahkan 16.24.00
Kategori Artikel
Harga @ Makanan khas dari Jambi ada beragam, mulai dari Mie Celor, Tempoyak, Pempek Jambi, Gulai Patin, dan lain sebagainya. selain itu beberap...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Makanan Khas Jambi yang Wajib Anda Coba

@Makanan khas dari Jambi ada beragam, mulai dari Mie Celor, Tempoyak, Pempek Jambi, Gulai Patin, dan lain sebagainya. selain itu beberapa kue-kue yang lucu dan unik juga menjadikan ragam kuliner khas Jambi semakin banyak. Berikut ini beberapa makanan khas dari Jambi yang wajib Anda coba ketika mengunjungi Jambi.

Nasi Gemuk 

Nasi Gemuk khas Jambi

 


Makanan khas dari Jambi
berikutnya yakni nasi gemuk. Namanya cukup lucu, ya?

Nasi gemuk ini merupakan masakan khas Melayu. Jika di Malaysia, nama nasi gemuk yakni nasi lemak. Kalau di Jawa, kita biasa menyebutnya nasi tumpeng. Nasi gemuk ini menjadi primadona di Jambi. Umumnya masyarakat Jambi menjadikan nasi gemuk sebagai menu sarapan mereka. Nasi gemuk sendiri berbahan dasar daun salam, beras, daun pandan, daun jeruk serta santan.


Kue Padamaran 

Kue Padamaran

 


Kue ini sangat populer di Jambi. Kue padamaran berbahan dasar santan, gula, tepung beras, perasan air daun suji yang teksturnya seperti bubur. Kue ini berwarna hijau dan biasanya menggunakan daun pandan sebagai wadahnya.

Kue Putri Kandis Pelangi 

Kue Putri Kandis Pelangi

 


Kue ini adalah kue tradisional asli Jambi sejak jaman dahulu. Biasanya kue ini sering ditemui pada acara adat maupun perayaan besar lainnya. Kue ini bentuknya berlapis-lapis dan tampaknya mirip pelangi. Bahan pembuatannya cukup rumit dan membutuhkan proses pembuatan yang cukup lama. Tekstur ataupun rasa kue putri kandis pelangi ini seperti bolu dan rasanya di lidah sangat lembut.







Kue Burgo 

Kue Burgo

 


Kue burgo berbahan dasar campuran antara sagu tani dengan tepung beras. Makanan khas dari Jambi ini bentuknya mirip dengan dadar gulung. Pada penyajiannya, kue burgo akan diberi kuah santan dan diberi bawang goreng juga. Kuah santan tersebut memiliki bahan dasar kaldu udang serta ikan, sehingga kue burgo terasa semakin gurih ketika dimakan dengan kuahnya tersebut.

Kue Gandus 

 
Kue Gandus


Kue gandus berbahan dasar santan, tepung beras serta sagu. Untuk rasa, kue gandus sedikit mirip dengan kue burgo yakni gurih serta kenyal. Pada pembuatannya, adonan kue gandus terdiri dari bawang putih, tepung beras, sagu, cabai serta santan yang setelah itu akan dibuat membulat.

Rasa gurih pada kue gandus ini berasal dari bahan pelengkapnya yakni ayam, abon ikan, ebi maupun daging giling. Jika Anda menyukai makanan yang pedas, kue gandus tak akan mengecewakan Anda.

Kue Kubang Boyo 

Kue Kubang Boyo

 


Makanan khas dari Jambi berikutnya yakni kue kubang boyo atau juga biasa disebut kue pak ipuk, kue anak buaya maupun kue buaya berenang. Banyak sekali ya, namanya?

Sesuai dengan namanya, bentuk kue ini menyerupai binatang buaya. Kue kubang boyo ini berbahan dasar tepung ketan yang kemudian diisi dengan kelapa parut, gula merah, dan disiram santan dan tak lupa dilengkapi dengan pasta pandan.

Biasanya kue ini akan ditaruh pada wadah berbentuk cup. Kue kubang boyo yang diberi kuah santan tersebut akan menghasilkan rasa manis, kenyal dan unik yang akan memanjakan lidah Anda.

Dodol Kentang Kerinci 

Dodol Kentan Kerinci

 


Makanan khas dari Jambi
berikutnya yakni dodol kentang kerinci. Dodol kentang kerinci ini populer di kalangan wisatawan. Banyak yang menjadikan makanan ini sebagai oleh-oleh ketika mengunjungi Jambi. Sesuai dengan namanya, dodol ini berbahan dasar kentang yang berasal dari perbukitan yang ada di kaki Gunung Kerinci.

Untuk rasa, dodol ini memiliki rasa manis, kenyal serta gurih. Dodol ini juga memili varian rasa yakni pandan, nanas, durian, strawberry serta gula aren. Dodol kentang kerinci ini jangan sampai Anda hilangkan dari daftar makanan khas dari Jambi.