Seputar Batik Jambi, Oleh-oleh Khas dari Jambi

https://4.bp.blogspot.com/-9q3-KHD3IGI/VuuzeUYqinI/AAAAAAAAF7I/cn-ytU1D3C8e-LSYQV-dXLEYkcvDhsNzQ/s72-c/Batik%2BKhas%2BJambi.png click to zoom
Ditambahkan 00.52.00
Kategori Artikel
Harga @ Oleh-oleh khas dari Jambi yang tidak bisa Anda lewatkan yakni Batik. Ya, Provinsi Jambi juga memiliki batik khas yang bisa Anda jadikan...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Seputar Batik Jambi, Oleh-oleh Khas dari Jambi

@Oleh-oleh khas dari Jambi yang tidak bisa Anda lewatkan yakni Batik. Ya, Provinsi Jambi juga memiliki batik khas yang bisa Anda jadikan oleh-oleh ketika berkunjung ke Jambi. Daerah di Jambi yang terkenal sebagai pusat penghasil batik yakni Sebrang Kota Jambi.






Turis Asing Belanja Batik


Sejarah Batik Jambi


Batik Jambi tidak diketahui pasti kapan mulai dibuat serta pelopornya. Yang diketahui, pada saat jaman Kesultanan Melayu Jambi ada yang telah membuat batik Jambi tersebut. Motif yang dibuat yakni flora dan fauna yang kemudian digunakan oleh keluarga kesultanan serta lingkungannya.

Setelah masa Kesultanan selesai, batik Jambi sempat menghilang. Kemudian batik Jambi mulai kembali bersinar di sekitar tahun 80-an. Orang yang menaikkan popularitas batik Jambi saat itu yakni Lily Abdurrahman Sayoeti yang merupakan Pembina Kesenian dan Pembina Dharmawanita di Provinsi Jambi.

Jenis Batik Jambi


Batik Jambi sendiri memiliki 2 jenis batik yakni batik cap serta batik tulis. Batik cap merupakan teknik dimana proses pembuatan motif batik dengan lilin batik cair yang ditancapkan ke permukaan kain yang akan diberi motif. Kemudian, batik tulis merupakan teknik pembuatan motif batik dengan melekatkan atau memberikan lilin ke permukaan kain dengan memakai canting.

Motif Batik Jambi


Oleh-oleh khas dari Jambi ini memiliki beragam motif. Motif dari Batik Jambi ini merupakan peninggalan dari budaya Islam, Budhis serta Melayu kuno yang kemudian disesuaikan dengan masa kini.

Batik Jambi memiliki banyak ragam motif, mulai dari fauna serta flora dan juga kaligrafi. Motif dari Batik Jambi berdiri sendiri, kecil, sederhana, serta lepas. Batik Jambi mengkombinasikan beberapa motif dalam satu kain, dan inilah yang menjadi ciri khas dari Batik Jambi.

Salah satu motif dari Batik Jambi yakni motif Batanghari. Motif ini menjelaskan bahwa Jambi memiliki sungai Batanghari yang penting bagi masyarakat Jambi dari dulu hingga sekarang. Kemudian motif Angso Duo menjelaskan bahwa Angso Duo adalah sejarah yang memiliki arti khusus bagi Jambi serta masyarakatnya. Masih banyak motif lain yang memiliki banyak arti khusus di dalamnya. Ada 41 macam motif batik Jambi yang ada hingga sekarang, yaitu sebagai berikut :

· Motif Bungo Jatuh

· Motif Daun Kangkung

· Motif Tampuk Manggis

· Motif Riang-riang

· Motif Bungo Matahari

· Motif Kapal Lepas

· Motif Bungo Pauh

· Motif Kaca Piring

· Motif Taritang

· Motif Tagapo

· Motif Bungo Melati

· Motif Antelas

· Motif Kapal Sanggat

· Motif Keladi

· Motif Merak Ngeram

· Motif Duren Pecah

· Motif Galo-galo

· Motif Ancak

· Motif Bungo Lumut

· Motif Kuau Berhias

· Motif Bungo Durian

· Motif Bungo Rambat

· Motif Wayang Gengseng

· Motif Keris

· Motif Pucuk Rebung

· Motif Tabur Bengkal

· Motif Tabur Titik

· Motif Siput

· Potong Intan

· Motif Kepiting

· Motif Bungo Tanjung

· Motif Biji Timun

· Motif Ikan

· Motif Jangkar

· Motif Ayam Lepas

· Motif Keluk Paku

· Motif Bungo Bintang

· Motif Patola

· Motif Kaligrafi

· Motif Bunga Cengkeh

· Motif Tampuk Manggis Besar

· Motif Sisir Bergantung

Motif-motif Batik Jambi tersebut hanya yang terdaftar, jadi masih ada beberapa motif lain yang belum terdaftar. Jadi bisa disimpulkan bahwa ragam motif Batik Jambi sangat banyak dan terus bertambah.

Bagi daerah pusat kerajinan Batik Jambi, yakni di Seberang Kota Jambi, Batik digunakan pada banyak hal seperti perlengkapan untuk melakukan upacara-upacara adat, pakaian untuk acara formal, seragam dan lain sebagainya. Jadi, Batik Jambi akan menjadi barang ideal untuk dijadikan oleh-oleh khas dari Jambi.