Dodol Kentang Kerinci Jambi

https://1.bp.blogspot.com/-kClzSGBWGOs/WlCfOVg5ejI/AAAAAAAANjM/2WXupnzWHOc83eQGxhhPR8Tm9SqnHR6PgCLcBGAs/s72-c/Dodol%2BKentang%2BKerinci%2BJambi.jpg click to zoom
Ditambahkan 02.05.00
Kategori Artikel
Harga @ Dodol Kentang Kerinci Jambi - Bisa didapatkan ketika Anda berlibur ke salah satu kabupaten yang ada di Pulau Sumatera itu. Kentang send...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Dodol Kentang Kerinci Jambi

@Dodol Kentang Kerinci Jambi - Bisa didapatkan ketika Anda berlibur ke salah satu kabupaten yang ada di Pulau Sumatera itu. Kentang sendiri memang menjadi komoditi utama di Jambidan Anda bisa menemuinya di lereng Gunung Kerinci apabila sedang mendaki ke sana. Bahan makanan ini dimanfaatkan masyarakat untuk menghasilkan olahan yang mungkin sudah tidak asing di telinga Anda, yakni dodol atau lempok.
 
 
Dodol Kentang Kerinci Jambi
Dodol Kentang Kerinci Jambi



Dodol kentang sebetulnya bukan makanan khas Kerinci. Tapi, karena campur tangan pemerintah lewat dinas perindustrian setempat, di akhir 1990-an makanan tersebut menjadi camilan khas Kabupaten Kerinci. Apalagi, tanaman kentang tumbuh subur di sana.

Tidak sulit untuk mendapatkan jajanan unik ini. Sebab, di Jalan Raya Lubuk Nagodang, kurang lebih 27 km dari Kota Sungai Penuh atau 25 km dari Perkebunan The Kayu Aro terdapat banyak penjual dodol kentang yang menjajakan dagangannya. Jadi, di sepanjang jalan penghubung antara Kerinci dengan Sumatera Barat itu bisa Anda temui belasan gerai yang menawarkan dodol kentang dengan aneka rasa. Mulai dari pandan, strawberry, durian, gula aren, kacang merah, terung Belanda hingga ubi ungu.

 

Dodol Kentang Kerinci Tekstur Lembut dan Cita Rasa Manis


Dodol tersebut dibungkus dengan kertas minyak berwarna-warni dan dikemas dalam plastik transparan supaya tampilannya menarik. Per kantong dibanderol dengan harga Rp3.500-15.000,-. Jangan khawatir untuk membawanya pulang sebagai oleh-oleh karena dodol ini bisa tahan sampai satu bulan dan tidak menggunakan bahan pengawet jenis apapun. Dengan demikian, Anda tidak perlu meragukan mutu dan kualitasnya.

Dodol yang berbahan baku kentang ini rasanya tidak mengecewakan. Mempunyai tekstur yang lembut, tapi tidak terlalu kenyal karena menggunakan kentang pilihan dari varietas granola. Manisnya pas dan tidak kalah istimewa dengan dodol berbahan utama nanas serta durian yang juga menjadi andalan di Jambi.

Menurut salah satu penjual, cara membuat dodol kentang sebenarnya cukup mudah. Pertama, beberapa kilogram kentang dikupas dan dicuci bersih sebelum direbus di atas tungku kayu bakar hingga matang. Kedua, kentang didinginkan dan digiling atau dihaluskan. Kemudian, adonan dicampur dengan bahan lainnya, seperti tepung ketan putih, gula, garam, santan kelapa dan perisa (misalnya strawberry). Masak dengan api sedang sembari diaduk selama beberapa jam.

Bila sudah mengental, bisa diratakan di atas loyang atau nampan kayu. Biarkan hingga dingin sebelum dipotong-potong sesuai selera. Sesudahnya dijemur selama 2-3 hari, tergantung keadaan cuaca. sebelum dibungkus dengan kertas minyak.

Meskipun dodol itu telah dijual di tempat wisata Kayu Aro dan gerai-gerai di Sungai Penuh, tapi banyak pelanggan yang masih datang ke Lubuk Nagodang. Sebab, selain tepat berada di jalur lintas provinsi, mereka bisa masuk ke dapur untuk mengamati proses pembuatan dodol kentang Kerinci Jambi.