Dodol Nanas Khas Jambi, Buah Tangan yang Wajib Diburu Wisatawan

https://1.bp.blogspot.com/-5PYVgnYEsUg/WlCbf2g8v6I/AAAAAAAANjA/arz4VynvAggpT7wbJf4xgPCfKXt5EGC_ACEwYBhgL/s72-c/Dodol%2BNanas%2BKhas%2BJambi.jpg click to zoom
Ditambahkan 01.50.00
Kategori Artikel
Harga @ Dodol Nanas Khas Jambi - Adalah oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang saat berwisata ke kota dimana Candi Muaro ...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Dodol Nanas Khas Jambi, Buah Tangan yang Wajib Diburu Wisatawan

@Dodol Nanas Khas Jambi - Adalah oleh-oleh yang tidak boleh ketinggalan untuk dibawa pulang saat berwisata ke kota dimana Candi Muaro berada. Olahan buah bersisik itu memiliki cita rasa yang lezat, manis tapi sedikit asam dan dijamin kualitasnya. Sebab, nanas yang digunakan dipetik langsung dari perkebunan di Desa Tangkit, Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi. Sejak puluhan tahun yang lalu, desa tersebut memang dikenal sebagai penghasil buah nanas terbesar di Provinsi Jambi.



Dodol Nanas Khas Jambi
Dodol Nanas Khas Jambi

Nanas sendiri merupakan buah yang dapat tumbuh di daerah tropis seperti Indonesia. Nanas mengandung banyak nutrisi yang diperlukan tubuh, yakni vitamin B1, B2, B3. B5, B6 dan C serta bromelain. Sehingga, manfaatnya untuk kesehatan tidak diragukan lagi, mulai dari:


  • Melawan radikal bebas.


    Kandungan vitamin C dan antioksidan yang tinggi pada buah nanas bermanfaat untuk melawan radikal bebas. Sehingga, tubuh terhindar dari penimbunan plak pada arteri atherosclerosis yang bisa menimbulkan penyakit jantung.

  • Baik untuk pencernaan.


    Nanas sering dijadikan sebagai obat untuk mengatasi mual dan sembelit. Selain itu, kandungan seratnya yang tinggi berperan dalam meningkatkan fungsi usus.

  • Menjaga kesehatan gusi.


    Vitamin C yang terdapat dalam buah nanas bisa mengurangi risiko peradangan gusi dan penyakit lainnya yang berkaitan dengan bagian tersebut.



  • Meningkatkan system kekebalan tubuh.


    Buah nanas sangat kaya akan nutrisi yang berguna untuk mencegah penyakit seperti pilek, batuk, sakit tenggorokan hingga bronchitis. Selain itu, nanas juga bisa menurunkan risiko penyakit berbahaya seperti kanker karena kandungan bromelainnya.

Nanas bisa dikonsumsi secara langsung, dibikin jus atau dimakan dalam bentuk camilan seperti dodol. Untuk yang terakhir, Anda bisa membuatnya di rumah dengan resep yang dibagikan oleh para pelaku industri di Desa Tangkit.

Bahan-bahan yang diperlukan adalah buah nanas, tepung ketan, gula merah, gula pasir, santan kelapa dan vanili. Langkah pertama, nanas dikupas dan dicuci bersih sampai getahnya hilang. Kedua, nanas tersebut bisa dihaluskan dengan blender atau parutan. Selanjutnya, dicampur dengan bahan-bahan yang lain dan diaduk hingga rata sampai adonan matang.

Proses pengadukan ini memakan waktu kurang lebih lima jam. Jika dodol sudah masak benar, adonan dapat diangkat dan dimasukkan ke dalam cetakan atau loyang sebagai finishingnya. Sebetulnya, dodol sudah jadi dan siap disantap, tapi lebih baik tunggu sampai agak dingin. Sebab, kalau masih panas dodolnya tidak berbentuk. Jadi, ketika sudah mendingin, Anda bisa memotong-motongnya sesuai selera.

Jika tidak ingin ribet, silakan datang ke Desa Tangkit, Jambi. Berbagai jenis olahan dari buah dengan kandungan vitamin C tersebut dijual di sana, tapi yang paling banyak diincar adalah selai goreng dan dodol nanas khas Jambi.