Jual Kopi Liberika

https://3.bp.blogspot.com/-RpvtV46hwds/WkxREhmHX7I/AAAAAAAANdA/jcOktobWrysSwPPhRCvxIgzFn8m0hIuNgCLcBGAs/s72-c/Jual%2BKopi%2BLiberika.png click to zoom
Ditambahkan 19.42.00
Kategori Artikel
Harga @ Jual Kopi Liberika - Mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sumatera. Ada banyak alasan mengapa orang ingin men...
Share
Hubungi Kami
BELI

Review Jual Kopi Liberika

@Jual Kopi Liberika - Mulai banyak dikenal masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Sumatera. Ada banyak alasan mengapa orang ingin menikmati sajian kopi ini. Berikut ini diantaranya.

 
Jual Kopi Liberika
Jual Kopi Liberika

Mengenal Ciri Khas Kopi Liberika

 

Rasa Unik


 
Bagi jasa jual kopi liberika selalu menawarkan rasa baru dalam menikmati suguhan kopi. jika orang Indonesia sudah terbiasa dengan rasa pahit pada arabika dan robusta maka rasa berbeda akan ditemukan pada kopi liberika. Bagi orang Indonesia banyak yang berpendapat bahwa rasa kopi liberika seperti campuran kopi dengan nangka karena aromanya yang mirip dengan nangka. Sampai saat ini banyak orang yang menyebut kopi liberika dengan kopi nangka. Selain itu seringkali orang menyimpulkan rasanya seperti makan kacang panjang mentah sehingga tak sedikit yang menyebutnya sebagai kopi sayuran.

 

Biji Kopi Tidak Seragam dalam Satu Pohon


 
Biji kopi liberika memiliki ciri khusus yang jarang ditemukan pada kopi lainnya yakni bentuk dan ukuran kopi yang berbeda padahal berada dalam pohon yang sama. Tentu saja ukuran ini mempengaruhi kandungan rasa yang berada didalamnya. Inilah yang nantinya membuat kopi liberika mempunyai rasa yang unik. Jika pada umumnya proses awal setelah pemetikan adalah pemilahan warna kopi, maka kopi liberika mendahulukan proses pemilahan menurut bentuknya. Ukuran ini nantinya juga mempengaruhi hasil panen karena pada ukuran yang tidak terlalu besar akan lama menunggu proses siap petiknya. Proses inilah yang membuat kopi liberika cukup sulit ditemukan di kedai kopi.

 

Musim Panen yang Lama


 
Tidak seperti arabica atau robusta yang memiliki waktu panen hampir sama yakni sekitar 3 tahun. Untuk kopi liberika membutuhkan waktu lebih lama hingga mencapai 4-5 tahunan. Hal ini disebabkan proses alamiyah pada pohon liberika yang rentan terhadap gangguan sehingga pohon tersebut memiliki proges yang lebih lambat dari lainnya. Tak heran jika kopi ini dikategorikan sebagai kopi langka di Indonesia karena tingkat produksinya yang kurang berdampak layaknya arabika dan robusta di Indonesia. Penyebaran wilayah kopi ini juga tidak luas karena sedikit produsen yang mengambilnya karena sulitnya mencari pasokan dalam jumlah yang besar. Jadi masih banyak produsen yang hanya menjajakannya di wilayah lokal atau daerah Sumatera dan Jawa saja.

 

Cara Perawatan yang Berbeda


 
Terakhir adalah cara perawatan dari kopi liberika yang berbeda dari biasanya. Hal ini dikarenakan kopi liberika membutuhkan perhatian lebih sebab rentan terhadap penyakit dan hama yang mengganggu. Oleh karena itulah harga dari kopi ini sedikit lebih mahal dibandingkan dengan kopi arabika atau robusta. Untuk mendapatkan panen yang besar dan memiliki kualitas terbaik harus diiringi pula dengan perawatan yang baik sehingga para petani bekerja ekstra keras menjaga kondisi dari pohon kopi ini. Akan tetapi jangan khawatir karena setiap usaha akan mendatangkan hasil yang sempurna karena ketika panen sudah banyak orang yang antri untuk mendapatkan kopi ini baik dari dalam negeri maupun luar negeri. Oleh karena itulah meskipun sulit untuk mengembangkannya akan tetapi masih banyak keuntungan yang ingin didapatkan oleh jasa jual kopi liberika.